• Pendidikan Guru Sekolah Dasar | Website Resmi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIMUDA Sorong

Workshop Penyelarasan Profil Lulusan dan Capaian pembelajaran lulusan Program Studi PGSD se-Indonesia

Workshop Penyelarasan Profil Lulusan dan Capaian pembelajaran lulusan Program Studi PGSD se-Indonesia

Prodi PGSD UNIMUDA Sorong : Pengurus Pusat Himpunan Dosen PGSD Indonesia menyelenggarakan “Workshop Penyelarasan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan” sejak tanggal 6-8 maret 2020 di hotel Swiss Bell Makassar, Makassar  Sulawesi Selatan. Kegiatan ini di maksudkan untuk sama-sama merumuskan capaian pembelajaran Lulusan untuk program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S2 Pendidikan Dasar, dan S3 Pendidikan Dasar.

Peserta yang mengiukuti kegiatan ini adalah seluruh Ketua-Ketua dan sekretaris program studi Baik S1 PGSD, S2 Pendidikan Dasar, Maupun S3 Pendidikan Dasar di seluruh Indonesia mulai dari Aceh Sampai Merauke sebanyak 128 orang. Kegiatan di buka langsung oleh Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Husain Syam, M.T.P., didampingi oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Abdul Saman, M.Si. Kons., serta Ketua Umum Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia Dr. Widya Karmila Sari Ahmad, M.Pd. Kegiatan Workshop kali ini Universitas Negeri Makassar selaku tuan rumah. Dalam Sambutan Rektor Universitas Negeri Makassar menuturkan rasa bangga karena kegiatan ini yang menjadi tuan rumah adalah Universitas Negeri Makassar dan mengapresiasi kinerja panitia serta menitipkan harapan agar organisasi Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar tetap eksisis mewujudkan indonesia unggul serta dapat bersaing dalam era education 4.0. 

Prof. Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T. Pakar Kurikulum dan Pembelajaran sebagai pemateri memaparkan terkait dengan capaian pembelajaran mampu menjelaskan prinsip – prinsip Outcome Based Education atau disingkat dengan OBE dalam implementasi pembelajaran di era Education 4.0.  Outcome Based Education atau disingkat dengan OBE  adalah pendekatan dalam sistem pendidikan dengan fokus yang jelas dan mengatur segala sesuatu dalam sistem pendidikan sehingga kemampuan apa saja yang penting bagi mahasiswa dapat dilakukan pada akhir pengalaman belajar merdeka.  Merdeka belajar memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk bebas mempelajari mata kulia- matakuliah yang dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannnya baik antara program studi dalam Fakultas sendiri maupun antar fakultas dalam Perguruan tinggi itu sendiri dengan memperhatikan aturan pemerintah Permendikbud No. 3 tahun 2020 pasal 18 ayat 1-2 dimana Hak belajar mahasiswa Sarjana/Sarjana Terapan didalam prodi sendiri hanya bisa mengambil kurang lebih 84 SKS selama 5 semester dan diluar prodi dalam Perguruan Tinggi Sendiri sebanyak 20 SKS selama kurang lebih 3 semester atau prodi yang sama perguruan tinggi yang berbeda, atau prodi berbeda, perguruan tinggi berbeda dan diluar perguruan tinggi sendiri (bisa dilihat pada Permendikbud No. 3 Tahun 2020 pasal 18 (3). Merdeka belajar mahasiswa dalam hal pengambilan matakuliah dalam prodi dan antar prodi dalam satu fakultas sendiri atau diluar Perguruan tinggi lain tidak terlepas dari pengawasan para pengelola pimpinan lembaga dalam hal ini perguruan tinggi itu sendiri, prodi dan dosen pembimbing. Pengambilan mata kuliah dalam prodi yang sama Perguruan tinggi yang berbeda memiliki syarat; (1). Harus lolos administrasi, (2) mengajukan proposal berapa jumlah SKS yang mau diambil dengan mata kulaih yang akan di pelajari diperguruan tinggi mitra, (3) Capaian pembelajarannya harus dibawa ke prodi (4) penilaian dilakukan dengan mengkonversi penilaian yang ada di prodi. Apakah boleh Capaian pembelajaran yang dibawah dari prodi lain dimasukan dalam Kurikulum PGSD? Jawabannya tidak. Karena capaian pembelajaran program studi PGSD disusun oleh Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia dalam pertemuan Nasional seperti ‘’Workshop Penyelarasan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan’’ kemudian kalau mau merdeka. Kemudian materi terkait dengan kurikulum beliau menjelaskan bahwa kurikulum seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Capaian dapat dilaksanakan atas kebijakan dan peraturan pimpinan perguruan tinggi dan melalui   Pengambilan mata kuliah menyelesaikan masalah dalam bidang pekerjaan (tandasnya).

Kegiatan Pembahasan dalam perubahan Capaian pembelajaran lulusan untuk program studi pendidikan guru sekolah dasar kali banyak sekali revisi yang dilakukan terutama penambahan satu poin dalam aspek pengetahuan yang sebelumnya terdapat tujuh poin menjadi delapan poin.  Poin kedelapan untuk menjawab merdeka belajar. Kegiatan ini turut hadir perwakilan Dosen Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yakni Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bapak Alman, S.Pd., M.Pd., Sebagai peserta workshop tersebut.(AL).

Top